Duta bahasa? Apaan tuh?

Halo, Assalamualaikum!
Apa kabar?
Aku berharap yang ngebaca postingan blog aku ini insya Allah sehat wal afiat yah!


Aku mau cerita tentang pengalaman aku kira-kira pada bulan april menjelang mei lalu.
Masih ditahun ini tapi beberapa bulan, berarti ga telat-telat amatlah ya?
Hihihi


Berawal dari kecintaanku terhadap bahasa saat masih sekolah dulu. Iya dulu. Waktu sd sampe sma.
Ya sekarang sih aku udah kuliah, udah semester 5 pula #udahtua 😅

Setiap pelajaran bahasa indonesia, aku selalu dapat nilai yang tinggi. Ya rata-rata 9 keataslah.
Pastinya kalian para netizen juga gitu ya waktu sekolah dulu.
Aku nganggap pelajaran bahasa Indonesia ialah pelajaran yang menyenangkan.
Ga hanya itu sih, bahasa inggris aku juga suka.
Dari umur 5 tahun aku diikutin les bahasa inggris sama mama, ya karena itu aku juga seneng belajar bahasa inggris. Ya meskipun sekarang ngomong inggrisnya rada belibet gara-gara kurang praktek😂

Nah, saat kuliah ini aku sadar bahwa kedua pelajaran ini atau mungkin pelajaran bahasa ini kurang dipelajari lagi karena dianggap sudah paham bagi mahasiswa.
Untuk itu, aku tertarik banget untuk ikut ajang duta bahasa.
Nanya-nanya ke senior ditempat kerja yang jadi pemenangnya, bilang kalo di duta bahasa bakalan belajar banyak bahasa baru.
Aku yang spontan jadi seneng banget dong ga sabar untuk ikutan kedua kalinya.

Fyi, tahun 2016 lalu aku juga ngedaftar ikut ajang ini.
Udah anterin berkas.
Udah lengkap.
Eh ga ada kuota cek pengumuman.
Alhasil ga tau ada tes tertulis dan ga ikut tes selanjutnya😂
Alias gagal😂😂😂

Di tahun 2017 ini, aku nyoba lagi. Dengan harapan sih, jadi finalis aja mah udah alhamdulillah banget ya. Karena gapernah ikut ajang kayak gini sebelumnya dan terlalu pemalu dan gerogi untuk ngomong didepan umum meskipun latarbelakang anak hukum ya😂

Yaudah kan, ikutin tuh tes tertulisnya.
Tes pertama, tes bahasa indonesia. Dengan soal yang benar-benar ngeliat ketelitian. Udah kayak soal UN sih parah..
Trus dilanjutin lagi tes tertulis bahasa inggris. Nah yang ini nih aku belibet. Ngeliat banyak kosakata baru. Alhasil bingung sendiri. Cuman modal capcipcup ae😂
Nah selanjutnya itu tes wawancara sama bakat. Disini aku gerogi parah. Kayak lagi bawain acara trus jadi pembawa acaranya yang harus bikin audiensnya tuh adem gitu atau nyaman. Trus juga berasa lagi disidang skripsi! Tapi ini bedanya ga ada penonton yak! Hehehe
Ditanyain tuh kan pake bahasa indonesia sama bahasa inggris. Pas ditanya pake bahasa inggris, ada pertanyaan tentang isu yang lagi beredar diberita gitu. Mau bilang korupsi tapi lupa bahasa inggrisnya apaan. Kan lucu😂😂
Alhasil ngejelasin bahasan pemerkosaan aja sama pedofil😭✌🏻

Setelah itu nunggu pengumuman, nah aku dan beberapa orang setelah wawancara itu ngehibur teman-teman yang deg-degan *yg belum wawancara* dengan cerita lucu.. Ada yang pengen ngunfoll akun dubaslah gegara kalo ga masuk jadi finalis padahal udah ngikut 3 tahun berturut-turut😂😂
Dan banyak lagi alasan yang kocak-kocak dari teman-teman yang abis wawancara.

Selang seminggu, aku gak tau pengumumannya udah diumumin apa belum. Karena balai bahasa itu letaknya jauuuhhhh puol dati rumah. Balai bahasa itu letaknya disekitaran unri panam. Sementara aku di unri gobah dengan rumah yang disimpang tiga. Yah akhirnya nunggu kabar dari saudara yg kuliah dipanam ae sama kabar dari instagramnya duta bahasa.
Ga lama setelah itu, waktu itu aku inget banget lagi mau masuk dan belajar hukum perdata internasional. Trus ara nyeletuk bilang gini "ciye jadi juga duta bahasa". Aku kan ga percayaan, ya langsung ngecek deh. Dan ternyata bener! Alhamdulillah😂


Setelah itu, semua finalis diundang utk datang keduta bahasa. Mulai dari kita latihan tari pembukaan tiap malem ke balai bahasa, terus ikutin olahraga pagi dibalai dan ada juga yang ikut lomba dipekan bahasa saat itu #akugasanggup, ke cfd untuk sosialisasi. Dari pengalaman itu, aku baru nyadar gini toh rasanya jadi tokoh publik. Dari atas ampe bawah harus sempurna. Harus keliatan senyum terus. Latihan pake heels, catwalk dan persiapin kegiatan pembuka yang bisa bikin orang amaze sama kita dan yang paling penting hapalin materi tentang bahasa ! Apalagi yang paling utama itu gurindam dua belas!😂

Tibalah dihari H, aku akui emang ga terlalu banyak cari referensi tentang bahasa karena udah kecapean dari segala aktivitas. Dari cari baju, makeup, sepatu. Gilaa berasa kayak artis ae 😂
Aku yg biasanya cuek bebek sama makeup, jadinya nyari makeup yang benar-benar hasil natural dan glowing. Karena itu diatas panggung dan aku juga minta rekomendasi Delia gimana bagusnya. Jadi aku pesan makeup dari imah (temen delia) dan baju kurung melayu dari sanggar rias jasmine. Kalo sanggar rias ini bajunya biasa dipakai sama anak bujang dara. Berhubung kita eventnya duluan dari mereka, jadi kita pake bajunya duluan deh heheheeh😂


Disitu juga, aku ngeliat gimana cara orang-orang jawab pertanyaan dengan anggun, ngelak pertanyaan dengan kesan ga ketahuan amat gataunya. Dan itu juga yang bikin aku ngehargai waktu 45 detik untuk bicara dan explain anything makes you look so clever✨
Dan yang paling-paling bikin aku kayak ngga kuat rasanya itu, pake heels selama 1 jam diatas panggung tanpa boleh gerak dan cuma senyum doang😂😂😂
Percayalah, itu keajaiban bagi semua cewek di dunia😂

Baik, aku akan jelasin runtutan acara hari h *seingatnya ya*
Pertama dibuka dengan syair, lalu tarian pembuka oleh 40 finalis yang mati-matian ngehapalin tariannya😂
Lalu, dilanjutkan acara pembukaan, kemudian pemanggilan 20 finalis yang masing-masing ditanyai 3 peserta. Masing-masing peserta diberi waktu 45 detik untuk menjawab pertanyaan. Nah pertanyaan ini nih yg rada annoying, aku cuman ingat tentang bahasa dan ada pertanyaan tentang pariwisata which is aku gapernah nyentuh itu😩 Yah jadinya gagal deh disatu pertanyaan tentang pariwisata, waktu itu ditanya sifat sifat pariwisata gitu tapi pake nama lain, lupa namanya apa.
Setelah itu pemanggilan 20 finalis berikutnya, sama kayak yang tadi.
Trus istirahat yang diisi dengan musikalisasi puisi sma 1 pekanbaru.
Trus pengumuman 20 finalis, lalu 10 finalis dan para pemenang.
Setelah itu juga abis deh..

Oiya ini yang aku ingat lob ya, kalo ga salah ada pengesahan ikatan duta bahasa riau. So, kesan dan pesannya aku ikut ajang ini adalah keluar dari zona nyaman aku. Aku biasanya tampil didepan orang itu untuk nyanyi, dan jadi pembawa acara kalo ada event. Nah sekarang aku dituntut jadi orang yang harus anggun, beretika dan kalem. Ya susah-susah gampang sih😂 Susahnya karena harus berbaur dengan 39 orang yang wataknya kayak nano-nano. Gampangnya sih, ya tinggal jalani aja😂
Pesan untuk teman-teman yang ikut ajang ini ialah support. Percaya atau engga, mau dia menang atau kalah tapi kalo supportnya segede gaban sih pastinya dia pede dan bikin panggung itu berasa jadi milik dia. Kalo ga ada support, itu kaya hampa, berasa minder dan makan ati.
Jadi jangan remehin orang-orang yang berjuang dalam kompetisi ya guys! Kalo bisa kasih support terus baik lewat media maupun nyata. Kalo bisa sih nampilin dirinya alias datang ke acara itu sih, heheh!
Semoga bermanfaat!

Wassalam!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESONANSI JIWA I "Jessica"

Kupas tuntas tentang Nyunyu.Com!

Tiara Vemilya dan Aini Pratiwi - Bunda :')